ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Rabu, 22 April 2020

Multimanfaat Bit

Bit merupakan salah satu jenis sayuran yang masih tergolong keluarga lobak dan sayuran berakar lainnya. Sayuran ini jarang sekali ditemui di pasar tradisional, apalagi sekitar rumahku. Mungkin karena jarang dikonsumsi dan harganyapun juga relatif mahal di bandingkan sayuran lainnya. Namun, bila menginginkannya bisa didapat/ ditemui di mall atau supermarket terdekat.

Bit adalah sejenis umbi yang berwarna merah pekat keunguan, menyerupai kentang dan bentuknya membulat seperti gangsing. Tak hanya umbinya saja bisa dikonsumsi, melainkan daun dari bit inipun bisa diolah menjadi masakan. Bit merupakan tanaman semusim yang berbentuk umbi akar, batang bit sangat pendek sama halnya seperti tanaman bawang yang tidak terlihat bagian batangnya. Akar tanaman ini adalah akar tunggang yang nantinya akan tumbuh menjadi buah atau umbi. Selain itu, syarat tumbuhnyapun cukup spesial, sehingga penyebaranpun sangat terbatas. Berikut klasifikasi bit yang perlu diketahui.

Klasifikasi bit :

1. Kingdom : plantae

2. Subkingdom : tracheobionta

3. Super divisi : spermatophyta

4. Divisi : magnoliophyta

5. Class : magnoliopsida

6. Ordo : Caryophyllales

7. Famili : Chenopodiaceae

8. Genus : Beta

9. Spesies : Beta vulgaris



Bit sendiri memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi, namun kandungan kalorinya agak rendah. Alasan itulah bit ini bisa dijadikan untuk diet sehat sekaligus dapat meningkatkan energi dan stamina. Selain itu, bit juga memiliki kandungan seperti asam folat, potasium, vitamin c, serat yang tinggi, antioksidan kuat dll. Banyaknya kandungan nutrisi inilah, sehingga bit dijadikan sebagai salah satu daftar menu sehat ataupun terapi nutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh maupun terapi dikala sakit. Berikut beberapa manfaat dari bit.

Manfaat bit, antara lain:

1. Memperbaiki kesehatan hati

2. Mengatasi gangguan pernafasan

3. Menguatkan pembuluh kapiler

4. Mengatasi katarak dan degenerasi makular

5. Menambah energi dan stamina

6. Mengontrol tekanan darah

7. Mengatasi inflamasi

8. Untuk detoksifikasi

9. Menjaga kesehatan jantung

10. Memperbaiki gangguan pencernaan

11. Menurunkan berat badan

12. Mengatasi anemia

13. Terapi kanker

14. Banyak mengandung antioksidan

15. Memperbaiki kolesterol



Adapun cara mengkonsumsinya:

1. Di makan langsung atau dibuat masakan

2. Dibuat jus segar, boleh ditambah yang lainnya

3. Dibuat infused water (air nano), dengan cara merendam potongan bit ke dalam wadah berisi air kurang lebih 300 ml (sesuai selera) selama 6-8 jam, maksimal 12 jam.

Demikianlah sedikit ulasan tentang manfaat bit yang saya ketahui... semoga bermanfaat... wallahu’alam...