ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Kamis, 07 Mei 2020

Keistimewaan Daun Mint

Daun mint merupakan daun yang cukup populer dikalangan dunia herbal. Tanaman satu ini memang banyak dikenal sebagai tanaman obat. Tak hanya itu, bahkan banyak dipakai untuk berbagai produk olahan, baik sebagai campuran pasta gigi, obat kumur, minyak angin, permen, penyegar nafas , parfum dll.

Tanaman mint banyak ditemukan tumbuh hampir semua bagian dunia. Penyebaranpun cukup meluas diberbagai belahan benua seperti eropa, asia, afrika, australia dan amerika utara. Tanaman mint tumbuh dan berkembang baik pada tanah yang lembab, subur dengan sinar matahari yang cukup. Karena itulah, sekarang banyak masyarakat indonesia yang membudidayakannya. Baik sebagai tanaman hias maupun tujuan komersial.

Daun mint memiliki ciri yang sangat spesial yaitu dengan rasa pedas yang khas, dingin dan aroma yang menyegarkan. Tanaman mint umumnya memiliki batang berbentuk persegi. Daun mint tumbuh berpasangan pada batang dan memiliki bunga yang berukuran kecil. Tanaman mint yang muda menghasilkan rasa lebih baik, sedangkan daun lebih tua cenderung terasa pahit. Berikut klasifikasi tanaman mint yang perlu diketahui.

Klasifikasi tanaman mint :

1. Kingdom : Plantae

2. Divisio : Magnoliophyta

3. Kelas : Magnoliopsida

4. Ordo : Lamiales

5. Familia : Lamiaceae

6. Genus : Mentha

7. Spesies : Mentha sp

Meski biasanya tidak dikonsumsi dalam jumlah besar, daun mint banyak mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Diantaranya yaitu kalsium, fosfor, magnesium, potasium, vitamin c, zinc, dan vitamin A. Dibanding rempah lainnya, daun mint termasuk sumber antioksidan yang cukup kuat. Dengan antioksidan inilah dapat membantu melindungi tubuh dari oksidatif atau kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas. Berikut beberapa manfaat daun mint yang berguna untuk tubuh manusia.

Manfaat daun mint :

1. Meredakan stres/ depresi

2. Untuk perawatan gigi

3. Mengatasi sakit perut

4. Menjaga kesehatan mata

5. Mengatasi nyeri otot

6. Meredakan asma

7. Mengatasi alergi

8. Mengatasi masalah pencernaan

9. Mengatasi gangguan pernafasan

10. Mengatasi jerawat

11. Menjaga daya ingat

12. Membantu menurunkan berat badan

13. Menjaga kesehatan mulut

14. Mengatasi sakit kepala

15. Mengatasi mual

16. Mengatasi bau mulut

17. Meningkatkan konsentrasi/ fungsi otak

Adapun cara mengkonsumsinya :

1. Di kunyah, dibalur atau diseduh

2. Dibuat infused water dengan merendam daun mint ke gelas berisi air selama kurang lebih 6-8 jam, maksimal 12 jam.

Meskipun banyak sekali manfaat yang terdapat daun mint, namun jika ingin mengkonsumsinya lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu kepada ahli herbal/ kesehatan lainnya. Demikianlah sedikit ulasan tentang keistimewaan daun mint yang saya ketahui. Semoga bermanfaat. Wallahu’alam....