ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Selasa, 21 April 2020

Keistimewaan Nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang cukup eksotis dan cukup populer di kalangan masyarakat. Buah nanas termasuk jenis tanaman buah tropis. Tak heran bila banyak yang membudidakannya karena cocok dengan iklim di indonesia. Buah ini memilki perpaduan rasa asam dan manis. Rasanyapun cukup menyegarkan dan seringkali diolah menjadi berbagai minuman atau dibuat selai.

Buah nanas mempunyai kulit yang bersisik, ujungnya runcing- runcing agak tajam dan apabila matang akan berwarna kuning. Tak hanya rasanya yang menyegarkan, namun ternyata memiliki kandungan gizi dan kaya vitamin serta mineral. Nanas dikenal sebagai buah yang banyak mengandung vitamin A dan C. Tak hanya itu, tapi juga mengandung nutrisi lainnya, misalnya fosfor, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, mangan, thiamin, serat, natrium, dan sukrosa (gula buah). Selain itu , juga sangat rendah kalori, sehingga baik untuk dijadikan sebagai menu diet sehat.

Diantara kandungan nutrisi, vitamin dan mineral pada nanas, hal paling menonjol yang terdapat dalam nanas adalah kandungan bromelain. Bromelain ini terbanyak terdapat dalam bonggol nanas. Kandungan bromelain inilah yang dikenal efektif untuk meningkatkan metabolisme tubuh, menangkal radikal bebas dan mencegah resiko kanker. Adapun klasifikasi buah nanas yang perlu diketahui sebagai berikut:

Klasifikasi Nanas :

Kingdom : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Kelas : Angiospermae

Ordo : Farinosae

Famili : Bromiliaceae

Genus : Ananas

Spesies : Ananas comosus



Berkat kandungannya yang banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, maka tak ada salahnya bila kita mengkonsumsinya sehari-hari dengan takaran yang cukup dan tidak berlebihan. Berikut beberapa manfaat buah nanas:

Manfaat Nanas, diantaranya :

1. Banyak mengandung enzim

2. Full asam amino

3. Untuk antivirus, bakteri dan jamur

4. Memperkuat pencernaan

5. Menaikkan Hb darah

6. Terapi sinusitis

7. Kaya antioksidan

8. Meningkatkan kekebalan tubuh

9. Mengurangi peradangan

10. Terapi sakit kardiovaskuler

11. Mendukung kesehatan mental

12. Mengatasi asma

13. Menormalkan kolesterol

14. Mengontrol tekanan darah

15. Meningkatkan kesehatan tulang



Adapun cara mengkonsumsinya :

1. Dimakan langsung

2. Di buat infused water (air nano) dengan cara merendam potongan nanas (terutama bonggol) ke dalam gelas berisi air selama kurang lebih 6 jam maksimal 12 jam (bisa suhu ruangan/ kulkas).

Demikianlah sedikit bahasan tentang keistimewaan buah nanas. Semoga bermanfaat. Wallahu’alam...