ASSALAMU'ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Rabu, 07 Maret 2018

Keistimewaan Jengger Ayam

Ayam merupakan nama yang tidak asing lagi di telinga kita, yaitu salah satu hewan unggas yang sering berada di lingkungan sekitar kita. Jenisnyapun sangat beragam, ada ayam konsumsi dan juga ada ayam hias. selain untuk dikonsumsi juga sebagai peliharaan bahkan ada yang dikonteskan.

Kali ini yang akan dibahas adalah tentang salah satu bagian fisik dari tubuh ayam yaitu jengger ayam. Jengger adalah kelenjar daging yang tumbuh di bagian atas kepala ayam terutama ayam jantan. Dalam ilmu genetika jengger ayam dikenal ada 4 macam bentuk jengger ayam yaitu jenis walnut (sumpel), rose (mawar), pea (biji ercis) dan single (tunggal/ belah).

Jengger ayam memiliki banyak fungsi atau keistimewaan, diantaranya adalah

1. Membantu ayam agar suhu tubuh ayam tetap dingin. Tidak seperti manusia, ayam tidak bisa berkeringat. Karena tidak bisa berkeringat, untuk mendinginkan suhu tubuh, ayam menggunakan jengger dengan memompa darah masuk ke jengger yang terkena angin, sehingga suhu tubuh tetap dingin.

2. Berfungsi juga sebagai perhiasan si ayam. Dengan kata lain untuk menarik lawan jenis pada saat musim kawin.

3. Penanda ayam sakit atau sehat. Biasanya terjadi perubahan warna pada jengger, bila lebih redup atau gelap dari biasanya, itu adalah pertanda bahwa ayam itu sakit.

Selain fungsi jengger ayam di atas ternyata jengger ayam terutama jenis single/ belah memiliki keistimewaan tersendiri yang sangat berguna/ bermanfaat bagi manusia. Keistimewaannya adalah mampu mengeluarkan bisa racun ular.

Adapun tips mengeluarkan bisa racun ular sebagai berikut:

1. Iris jengger ayam jago/ jantan

2. Belah menjadi 2 bagian

3. Tempel di bekas gigitan ular.

Setelah itu bisa akan keluar dan menempel diirisan jengger ayam. Sebenarnya secara pribadi belum pernah membuktikan sendiri/ mendengar penelitian tentang hal ini, namun tidak ada salahnya dijadikan sebagai referensi/ informasi penting bagi diri sendiri ataupun orang- orang yang mengambil manfaatnya. Hanya pernah mendengar dari seseorang yang pernah membuktikannya dan info ini berasal dari seorang mantan tentara yang pernah bergerilya di hutan untuk survive. Wallahua’lam